--> Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Perkasa Lagi, Ini Penyebabnya | suluh sumatera

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Perkasa Lagi, Ini Penyebabnya

Bagikan:

Penguatan yang terjadi pada rupiah terhadap dolar AS ini karena pasar merespon positif kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Nilai tukar rupah terhadap dolar. Foto: Ilustrasi
suluhsumatera - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tercatat terus mengalami penguatan. Hingga akhir pekan ini dolar AS bertengger di posisi Rp 13.000an.

Ada sejumlah faktor yang disebut membuat mata uang Garuda menguat. Misalnya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) dan pemerintah yang direspon positif oleh pasar. Apa lagi faktornya?

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ryan Kiryanto mengungkapkan penguatan yang terjadi pada rupiah terhadap dolar AS ini karena pasar merespon positif kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Misalnya kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Kementerian Keuangan dan regulator keuangan.

"Sejak adanya guidance policy dari BI untuk pemulihan ekonomi pasar merespon positif," kata Ryan seperti yang dilaporkan detik.com, Jumat (5/6/2020).

Dia menyebutkan 60% faktor yang membuat rupiah menguat adalah dari dalam negeri. Sedangkan sisanya 40% sentimen negatif dari Amerika Serikat (AS) sehingga membawa aliran modal asing masuk ke emerging country.

KOMENTAR