--> Gubri Bersama Legeslator Senayan Tanam Perdana PSR di Bengkalis, Petani: Terima Kasih Presiden dan PT. GTW | suluh sumatera

Gubri Bersama Legeslator Senayan Tanam Perdana PSR di Bengkalis, Petani: Terima Kasih Presiden dan PT. GTW

Bagikan:

Gubri Bersama Legeslator Senayan Tanam Perdana PSR di Bengkalis, Petani: Terima Kasih Presiden dan PT. GTW


BENGKALIS


suluhsumatera : Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Raih Kemenangan, Desa Muara Dua, Kec. Siak Kecil, Kab. Bengkalis, Provinsi Riau, melaksanakan kegiatan penanaman perdana kelapa sawit tahap I seluas 217 hektare, Jumat (24/07/2020).


Dalam kegiatan penanaman perdana kelapa sawit masyarakat program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) pemerinyah pusat ini, terlihat hadir Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar MSi, Plh. Bupati Bengkalis Bustami SY, Anggota DPR RI Komisi IV Ir. Effendi Sianipar diwakili staf M. Kurniawan.


Turut juga pimpinan PT. Guna Tata Wahana (GTW) Alexander Pranoto dan Pimpinan PT. BOS Antoni, Kepala Desa Muaradua Eko Priono, Ketua Poktan Raih Kemenangan Idris, sejumlah anggota kelompok tani, dan masyarakat serta Forum Koperasi Unit Desa (KUD) Kab. Kuansing yang melihat secara langsung proses penanaman perdana ini.


Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, MSi menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berharap tanam perdana kelapa sawit ini, tidak sekadar seremonial saja.


"Bibit yang bagus, harus dibarengi adanya pemeliharaan, seperti pupuk dan lainnya," ujar Syamsuar.


Dikatakan, gambut sangat riskan dengan kebakaran jika kondisi gambut kering. Maka itu sebut dia, perlu dilakukan irigasi yang bagus. 


Anggota DPR RI Komisi IV, Ir. Effendi Sianipar  menyebutkan, untuk PSR di Riau, Dinas Perkebunan Riau dan kabupaten/kota harus pro aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat petani, mengenai program rakyat ini.


"Pemerintah daerah hingga Provinsi Riau harus proaktif membuat catatan kepada kita, mengenai progres, maupun kendala di lapangan. Kita siap fasilitasi bertemu dengan kementerian terkait, namun harus juga dilengkapi dengan data," jelasnya. 


Dia juga meminta agar Pemprov Riau menyiapkan data yang akan diperjuangkan di pusat.


"Kami siap berusaha maksimal mensukseskan program PSR tersebut. Karena program ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk peningkatan ekonomi masyarakat petani di desa," ucapnya.


Pimpinan PT. GTW, Alexander Pranoto menyebutkan, pihaknya berkomitmen dalam melaksanakan PSR di Riau. 


"Kami siap menjalankan program strategis nasional ini. PSR harus sukses di Riau. Mewujudkan ketahanan pangan andal di Riau itu target kami," kata Alexander, yang juga Ketua Seknas Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Korwil Riau ini.


Sementara masyarakat Desa Muara Dua mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo yang sudah merencanakan PSR ini untuk kepentingan masyarakat.


"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan PT. GTW, pak Alex dan pak Antoni dengan telah dikerjakannya lahan Poktan kami dengan baik," ujar Ketua KT Raih Kemenangan, Idris. (wan)

KOMENTAR