--> IRT di Kubu Ini Melahirkan di Jalan Raya, Babinsa Setempat Cekatan Membantu | suluh sumatera

IRT di Kubu Ini Melahirkan di Jalan Raya, Babinsa Setempat Cekatan Membantu

Bagikan:

IRT di Kubu Ini Melahirkan di Jalan Raya, Babinsa Setempat Cekatan Membantu


KUBU


suluhsumatera : Pelda Sugiono, anggota Babinsa Koramil 04/Kubu, Kodim 0321/Rohil ini dengan cekatan menolong seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) warga desa binaan yang melahirkan di Jalan Lintas Pesisir saat dalam perjalanan menuju rumah bidan.


Aksi menolong seorang IRT yang diketahui bernama Romauli Boru Sihotang warga Dusun Telaga Suka, Kepenghuluan Sungai Daun Kec. Palika, Kab. Rokan Hilir (Rohil), yang melahirkan secara tiba-tiba itu dilakukan di Jalan Lintas Pesisir Kepenghuluan, Teluk Piyai Pesisir, Kec. Kubu, Jumat (17/07/2020) pagi.


Berkat aksinya bersama warga setempat, khususnya para ibu-ibu langsung menolong proses persalinan. Berbekal kain yang dipegangi ibu-ibu sebagai penutup, wanita itupun akhirnya melahirkan di pinggir jalan.


"Alhamdulillah proses persalinan berjalan dengan lancar dan anak yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki," ungkap Pelda Sugiono.


Bayi yang baru saja dilahirkan itu merupakan anak ketiga Romauli Boru Sihotang bersama suaminya, Nasib Buang Manalu.


Sugiono menjelaskan, awal mula peristiwa tersebut, sekira pukul 05.00 WIB sepasang suami istri itu berangkat dari rumahnya menggunakan sampan dayung (perahu) menuju rumah bidan di Teluk Piyai Pesisir.


Kemudian melanjutkan dengan meminjam sepeda motor menggunakan jalur darat.


Dikarenakan jarak yang cukup jauh, sebelum tiba di rumah bidan, tepatnya di Jalan Perintis Pesisir, Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, IRT berusia 30 tahun itu mengerang kesakitan dan secara tiba-tiba melahirkan.


"Kebetulan saya pas di situ, langsung ikut membantu dan warga setempat khususnya ibu-ibu langsung membantu persalinan," ungkap Sugiono.


Sekira 10 menit kemudian, bidan tiba di lokasi membantu persalinan yang mana bayinya sudah lebih dahulu lahir.


Bayi yang baru lahir kemudian digendong warga dengan dibonceng Pelda Sugiono menuju rumah bidan. Sementara Romauli Boru Sihotang ditumpangkan menggunakan mobil warga.


"Alhamdulillah, saat ini bayi dan ibunya sudah dirawat dan ditangani bidan," tandasnya. (yan)

KOMENTAR