--> Kapolres dan Plh. Bupati Bengkalis Sepakat Jaga Kampung, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa | suluh sumatera

Kapolres dan Plh. Bupati Bengkalis Sepakat Jaga Kampung, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Bagikan:

Kapolres dan Plh. Bupati Bengkalis Sepakat Jaga Kampung, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa


BENGKALIS


suluhsumatera : Kapolres Bengkalis AKBP. Hendra Gunawan SIK, MT dan Pemkab Bengkalis, luncurkan pembentukan "Jaga Kampung" Polres Bengkalis di Jalan Sekda Desa Sungai Alam, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis, Riau, Kamis (09/07/2020).


Peluncuran itu, merujuk pada UU No. 02 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, surat telegram Kapolri, Nomor : SP/697/Vl/OPS.1.1/2020 tanggal 16 Juni 2020, tentang Pelaksanaan Pembentukan Projek KTN dan Surat telegram Kapolda Riau Nomor: SP/601/VI/OPS 1.1/2020, tanggal 30 Juni 2020, tentang Program Pilot Projek Jaga Kampung.


Dalam peluncuran itu, Program Kampung Tangguh Nusantara Jaga Kampung Polres Bengkalis, dihadiri Plh. Bupati Bengkalis H. Bustami HY, Dandim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Lizardy Gumay SH, MM, Kepala Kejari Bengkalis Nanik Khushartanti, SH, MH, Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijaya, SH, MH, Li, Ketua Pengadilan Agama diwakili Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Bengkalis, Jenri Salmon Ginting, AP, MSi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Drs. Yuhelmi.


Selain itu nampak hadir, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis, H. Imam Hakim, AP, MSi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, SSTP, MAP, Kepala Imigrasi Bengkalis Toto Suryanto, Ketua LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) Solihin, Ketua Basnas Ali Ambar, LC, MPdI, Ketua Umum MKA LAMR Bengkalis Datuk Seri H. Zainuddin Yusuf, dan Kapala desa Sungai Alam Ahmadi, serta jajaran Polres Bengkalis.


Kapolres Bengkalis, KBP. Hendra Gunawan SIK, MT mengatakan, kegiatan ini kerja bersama dengan Pemkab Bengkalis dan juga Ikatan Pemuda Melayu Peduli  Lingkungan (IPMPL).


"Kami terima kasih kepada Pemda Bengkalis telah menyiapkan lahan kepada Polres Bengkalis seluas 5 hektare. Sekarang ini baru kami fungsikan seluas 2 hektare. Untuk tahap pertama ini kami menanam bibit nenas dan tahap selanjutnya bibit pinang di pinggir lahan tersebut," ucap Kapolres. 


Sementara itu, Plh. Bupati Bengkalis, Bustami HY menambahkan, atas nama pribadi dan Pemkab Bengkalis memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran Polres yang telah menginisiasi pembentukan "Jaga Kampung Polres Bengkalis".


"Kami pemerintah daerah tentunya sangat mendukung program positif ini, dapat menjadikan masyarakat Kab. Bengkalis yang kompak dan ikut berperan aktif dalam manjaga situasi Kamtibmas, agar tetap kondusif dan secara responsif masyarakat bisa menyelesaikan permasalahan dengan menerapkan pola penanganan yang efektif dibidang kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya," ulas Bustami. 


Lanjut Bustami, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, harus dipetik hikmahnya. Jangan sampai pandemi ini menjadi momok membuat warga lemah.


"Kita harus optimis untuk kemajuan. Kegiatan-kegiatan pemerintah maupun kegiatan yang ada di masyarakat utamanya kegiatan ekonomi, agar terus berjalan," imbuhnya.


Hal tersebut tentunya dapat dilaksanakan dengan menjaga kesehatan, sederhana dan disiplin, kunci melawan covid 19 ini sebenarnya ada tiga yaitu memakai masker, jaga jarah dan cuci tangan pakau sabun.


"Ada 4 prioritas yang diutamakan dalam pelaksanaan jaga kampung dalam wadah kampung tangguh nusantara yakni kampung tangguh masalah kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban serta kampung tangguh terhadap pangan," pungkasnya.


Harapannya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Bengkalis dapat kiranya membantu dan bersinergi dengan Polres Bengkalis agar seluruh desa di Kab. Bengkalis, dapat membentuk konsep jaga kampung dalam wadah kampung tangguh ini menjadi modal, utamanya di desa yang sangat rawan penyebaran Covid-19. (*/ril)

KOMENTAR