--> Babinsa Koramil 06 Dolok Sosialisasi Cegah Karhutla ke Masyarakat Desa Aek Kundur Paluta | suluh sumatera

Babinsa Koramil 06 Dolok Sosialisasi Cegah Karhutla ke Masyarakat Desa Aek Kundur Paluta

Bagikan:

Babinsa Koramil 06 Dolok Sosialisasi Cegah Karhutla ke Masyarakat Desa Aek Kundur Paluta


DOLOK SIGOMPULON

suluhsumatera : Babinsa Koramil 06 Dolok, Kodim 0212/Tapsel, Serda. Budi Rambe mensosialisasikan pencegahan Karhutla untuk mengatasi bencana kebakaran kepada masyarakat desa binaan di Desa Aek Kundur, Kec. Dolok Sigompulon, Kab. Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (19/08/2020).

Itu dilakukan menyikapi maraknya kebakaran hutan dan lahan.

Hal itu dikatakan Serda Budi Rambe, saat memberikan arahan dan imbauan tentang larangan membakar hutan dan lahan kepada warga di desa binaannya.

"Kebakaran hutan dan lahan harus kita cegah, sangat banyak dampak yang harus kita terima akibat kebakaran hutan ini," ujar Babinsa.

Dijelaskan, masih banyak warga yang belum memahami bahaya akibat kebakaran hutan dan lahan, dengan harapan ingin mempermudah pekerjaan dan mempercepat dalam membuka lahan. 

Menurutnya, masih banyak warga membuka lahan dengan melakukan pembakaran.

"Sebab dari kesengajaan dan kelalaian masyarakat dalam membuang puntung rokok di ladang yang kering dan panas juga merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan," imbuhnya.

"Untuk itu sangat perlu dilaksanakan sosialisasi secara rutin dan terus menerus ke masyarakat, untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan," tegasnya.

Budi juga mengatakan, selain patroli dan sosialisasi, untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, Koramil 06 Dolok juga memasang spanduk imbauan serta larangan serta ancaman hukuman bagi pelaku pembakar hutan dan lahan. (baginda)

KOMENTAR