--> Berkunjung ke Rohil, Kabaharkam Polri Ajak Seluruh Pimpinan Daerah Tingkatkan Ketahanan Pangan | suluh sumatera

Berkunjung ke Rohil, Kabaharkam Polri Ajak Seluruh Pimpinan Daerah Tingkatkan Ketahanan Pangan

Bagikan:

Berkunjung ke Rohil, Kabaharkam Polri Ajak Seluruh Pimpinan Daerah Tingkatkan Ketahanan Pangan


BALAI JAYA

suluhsumatera : Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Drs. Agus Adrianto, SH, MH mengajak seluruh pimpinan daerah dan stakeholder bersama meningkatkan ketahanan pangan, mengatasi krisis ekonomi dunia di tengah pandemi Covid-19.

Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung yang dicanangkan Kapolri, diyakini menjadi salah satu solusi mengatasi.  

Hal tersebut, seperti yang dilakukan Polda Riau di Perkebunan PT. Salim Ivomas Pratama, Km 29, Kec. Balai Jaya, Kab. Rikan Hilir (Rohil), Riau.

Demikian diungkapkan Komjen. Agus Adrianto saat meresmikan Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung Polda Riau di Perkebunan PT. Salim Ivomas Pratama, Rabu (26/08/2020).

Kegiatan itu turut dihadiri Gubernur Riau H. Syamsuar, Bupati Rohil Suyatno, Danrem, Danlanal, Dannlanut dan unsur Forkominda serta anggota Polres Rokan Hilir.

"Pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk mengubah pola hidup lebih ekstra yang dulu rumit sekarang lebih dimudahkan prisipnya. Untuk bertahan hidup, kita harus meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi. Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung yang kita lakukan di seluruh Tanah Air untuk mengatasi bencana nasional ini," ucapnya.

Jenderal polisi bintang tiga ini juga mengatakan, pemerintah telah berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 diantaranya, memberikan bantuan PKH dan BLT, kartu pintar dan kartu sehat termasuk pemanfaat desa yang terus bergulir serta terus dipantau pelaksanaannya, agar tepat sasaran.

"Harapan kita semua pihak bekerja sama dan memantau bantuan ini agar tepat sasaran ke masyarakat. Kapan lagi kita berdiri di kaki sendiri. Kalau kita mau dan bekerja sama, pasti bisa mengatasi krisis ekonomi ini," pungkasnya.

Kapolda Riau, Irjen. Pol. Agung Imam Efendi, SH, SIK berjanji mensukseskan program Kampung Tangguh Nusantata Jaga Kampung di seluruh wilayah hukum Polda Riau, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dikatakan, saat ini tengah dioptimalkan pengerjaannya di 130 Polsek, dengan luas lahan 262 hektare, 92 kelompok tani. Bidang usaha yang dikelola masyarakat ada tanaman jagung, cabai, ubi, kangkung, dan peternakan ikan.

"Kami ingin program ini terlaksana secara baik di seluruh wilayah hukum Polda Riau, dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19 dan dapat dirasakan masyarakat, cukup pangan masyarakat sehat," ujarnya.

Gubernur Riau, H. Syamsuar memberikan apresiasi dan mengajak seluruh pimpinan daerah untuk mendukung program kampung tangguh nusantara jaga kampung yang dicanangkan Kapolri, dalam upaya mengatasi krisis di tengah wabah Covid-19.

Pemprov Riau kata dia, saat ini tengah berupaya mengatasi krisis, salah satunya dengan menjaga ketahanan pangan, agar tetap terjamin bagi masyarakat.

Sebab menurutnya, kedepan akan kesulitan jika tidak mempersiapkan ketahanan pangan yang hanya mengandalkan hasil kelapa sawit.

Untuk itu lanjutnya, kebutuhan pangan juga harus dipersiapkan, yang saat ini kondisinya masih minus 3,5 persen.

Sementara itu Bupati Rohil, Suyatno mengatakan, Pemkab Rohil menyambut baik dan terus mendukung program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung yang digagas Polri, dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan terutama sekali di Kab. Rohil.

"Kita berikan dukungan penuh program ini di Kab. Rohil, seperti yang kita lihat di lahan milik PT. Salim Ivomas Pratama ini," ucapnya. (yan)

KOMENTAR