--> Ikuti Pilkada Asahan, H. Surya Ajukan Cuti 71 Hari Kerja | suluh sumatera

Ikuti Pilkada Asahan, H. Surya Ajukan Cuti 71 Hari Kerja

Bagikan:

Ikuti Pilkada Asahan, H. Surya Ajukan Cuti 71 Hari Kerja



KISARAN


suluhsumatera : Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengajukan cuti dan menghentikan aktivitasnya untuk sementara waktu menjadi orang nomor satu di Kab. Asahan.


Itu dilakukan, setelah ia resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati, pada Pilkada 2020 Kab. Asahan.


Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Asahan, Rahmat Hidayat Siregar kepada wartawan, Selasa (08/09/2020) di Kisaran. 


Disebutkan, dengan majunya Surya sebagai bakal calon bupati Asahan, otomatis segala kegiatannya akan berhenti sementara waktu.


Surya kata dia, sudah mengajukan cuti kepada Gubernur Sumut untuk dapat fokus mengikuti rangkaian tahapan Pilkada Asahan 2020, sehingg dalam waktu dekat Pemkab akan dipimpin oleh seorang pelaksana harian.


"Pak Bupati sudah ajukan cuti ke Medan, ditujukan ke Gubernur Sumut. Saat ini pengajuan cutinya sedang tahap proses. Kalau penjabat yang akan menggantikan sementara, itu kewenangan gubernur," ujar Rahmat.


Dikatakan Rahmat, maka tidak salah ketika Surya mendaftarkan diri ke KPU Asahan, masih mendapat pengawalan dari sejumlah petugas Satpol PP Pemkab Asahan, lantaran jabatan Bupati Asahan masih melekat pada yang bersangkutan.


"Terkait masih ada pengamanan saat pendaftaran lalu. Karena saat itu beliau masih menjabat sebagai bupati, sehingga pengamanan masih melekat. Kecuali bila saat itu pak Surya sudah cuti, kalau masih mendapat pengamanan atau lainnya itu baru salah," terangnya.


Disebutkan, adapun lamanya cuti yang akan dijalani Surya selama mengikuti Pilkada serentak, yaitu 71 hari, hingga masa kampanye selesai.


Dijelaskan, penetapan Paslon Pilkada Serentak 2020 sesuai jadwal KPU akan berlangsung, pada 23 September 2020.


Sementara masa kampanye pada Pilkada kali ini, akan berlangsung mulai  26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.


"Bupati Asahan sudah mengajukan cuti selama 71 hari, terhitung mulai 26 September nanti. Jadi segala aktivitasnya selama melakukan cuti, tidak akan ditanggung oleh Pemkab Asahan lagi," tegas Rahmad. (dri)

KOMENTAR