--> Lama Fakum, Korda IJTI Siantar-Simalungun Segera Dibentuk Kembali | suluh sumatera

Lama Fakum, Korda IJTI Siantar-Simalungun Segera Dibentuk Kembali

Bagikan:

Lama Fakum, Korda IJTI Siantar-Simalungun Segera Dibentuk Kembali

Jurnalis televisi Siantar-Simalungun, saat malakukan diskusi di salah satu Warkop yang ada di Kota Pematangsiantar. Foto: suluhsumatera/syahru.


PEMATANGSIANTAR


suluhsumatera : Setelah kepengurusan Kordinator Daerah (Korda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Siantar-Simalungun, sekian lama fakum, para jurnalis televisi yang ada diwilayah kerja Kota Pematangsiantar dan Kab. Simalungun, berkeinginan untuk mengaktifkan kembali wadah organisasi tersebut.


Ikatan Jurnali Televisi Indonesia ( IJTI) adalah suatu asosiasi yang menghimpun para jurnalis televisi yang didirikan pada Agustus 1998.


Dimana, paada saat itu ratusan jurnalis televisi dari berbagai stasiun televisi yang diantaranya, RCTI, TPI, SCTV, Indosiar, dan ANTV, berkumpul di Jakarta untuk melakukan kongres pertama dan sepakat mendirikan IJTI serta memilih pengurus pertama organisasi ini.


Saat ini, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), diketahui telah memiliki Kordinator Wilayah (Korwil)  IJTI Sumut, yang diketuai oleh Budi Amin Tanjung (BAT), yang merupakan jurnalis Trans Tujuh.


Beberapa Korda yang sudah ada di beberapa kabupaten/kota di Sumut diantaranya seperti Korda IJTI Labuhan Batu Raya, Korda IJTI Asahan-Tanjungbalai-Batubara (Astara), Korda IJTI  Deliserdang-Tebing Tinggi-Serdang Bedagai, dan Korda IJTI Tapanuli Raya.


Menyikapi hal ini, para jurnalis televisi yang ada di Kota Pematangsiantar dan Kab. Simalungun, akhirnya berinisiatif untuk berkumpul dan diskusi untuk melakukan pembentukan, guna mengaktifkan kembali Korda IJTI Siantar-Simalungun, di salah satu Warkop yang ada di Kota Pematangsiantar, Minggu (13/09/2020) siang.


Dalam diskusi ini hadir, Andika Aritonang jurnalis Metro TV,  Dharma Setiawan jurnalis MNC Grup, Daud Sitohang jurnalis TV One, Armeindo Sinaga jurnalis Kompas TV, Zico jurnalis SCTV-Indosiar, Dosi  Simarmata dan Ebite Masder jurnalis Efarina TV serta Alex Ganda jurnalis Sumut TV.


Dari hasil diskusi ini, para jurnalis televisi yang bernaung di wilayah Siantar-Simalungun ini menyepakati, untuk membentuk dan mengaktifkan kembali Korda IJTI Siantar-Simalungun. 


Diperkirakan, ada 14 jurnalis televisi akan bergabung dalam organisasi IJTI Siantar-Simalungun ini.


Dan setelah adanya koordinasi dengan Pengurus Korwil IJTI Sumut, maka dihunjuk tiga orang yang akan menerima mandat untuk melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda).


Untuk Ketua Panitia Pelaksanaan Musda IJTI Siantar-Simalungun dipercayakan kepada jurnalis Metro TV Andika Aritonang, Alex Ganda jurnalis SUMUT TV sebagai Sekretaris Panitia, dan Dosi Simarmata jurnalis Efarina TV sebagai Bendahara.


Sementara, di luar tiga nama Panitia Pelaksana Musda IJTI ini, ada tiga kandidat bakal calon Ketua Korda IJTI Siantar-Simalungun yakni, Daud Sitohang jurnalis TV One, Dharma Setiawan jurnalis MNC Group, dan Armeindo Sinaga jurnalis  Kompas TV.


Andika Aritonang, Ketua Panitia Pelaksana Musda Korda IJTI Siantar-Simalungun mengungkapkan, untuk selanjutnya mereka akan terus berkoordinasi dengan IJTI Sumut, dalam hal pelaksanaan Rakorda yang akan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus.


"Semoga Musda ini bisa secepatnya kita lakukan. Kita juga mengharapkan dukungan dari seluruh teman-teman jurnalis dari media online, cetak, dan eletronik lainnya, agar lancar dalam proses pembentukan IJTI Siantar-Simalungun ini," sebut Andika. (syahru)

KOMENTAR