--> Tiga Tahun Berdiri, MAN IC Tapsel Lahirkan Siswa Berprestasi | suluh sumatera

Tiga Tahun Berdiri, MAN IC Tapsel Lahirkan Siswa Berprestasi

Bagikan:

Tiga Tahun Berdiri, MAN IC Tapsel Lahirkan Siswa Berprestasi



TAPANULI SELATAN


suluhsumatera : Tiga tahun berdiri Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tapanuli Selatan sejak diresmikan Bupati Tapsel, pada 17 Juli 2017, yang sekaligus melantik para siswa dan membuka secara resmi proses belajar mengajar dengan jumlah siswa 46 orang, kini telah banyak menghasilkan siswa-siswa berprestasi.


Lulusannya diterima di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri, baik di dalam maupun di luar negeri seperti, ITB, USU, Andalas, UIN, Ikatan Dinas Kementerian Pertahanan RI, dan Perguruan Tinggi lainnya serta Perguruan Tinggi di Tiongkok. 


Hal itu disampaikan Kepala MAN IC, H. Ali Masran Daulay, SPd, MA pada saat audiensi dengan Bupati Tapsel di ruang rapat Bupati, Kamis (24/09/2020).


Kepala MAN IC Tapsel, H. Ali Masran Daulay, SPd, MA menyampaikan, diusianya ketiga tahun, MAN IC Tapsel telah mampu melahirkan siswa berprestasu dengan lulus 100 persen, pada ujian nasional dan sudah diterima di perguruan tinggi negeri dan luar negeri sebanyak 78,5 persen dan ini telah menunjukkan kemajuan, sebagai lembaga Pendidikan Agama kebanggaan masyarakat Tapsel.


Menurutnya, kiprah alumni MAN IC Tapsel juga sangat membanggakan, karena mampu bersaing menduduki perguruan tinggi ternama di tanah air dan juga perguruan tinggi di Tiongkok. 


Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan yang telah diberikan pemerintah daerah yang saat ini dipimpin oleh Bupati.


Sedangkan Plt. Kepala Kantor Kemenag Tapsel, Drs. H. Ihwan menyampaikan, MAN Insan Cendekia Tapsel adalah lembaga kebanggaan Kabupaten Tapsel yang saat ini telah melahirkan siswa berprestasi. 


Karena 78,5 persen siswa angkatan I telah diterima di perguruan tinggi negeri, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.


"Dengan prestasi tersebut saya minta jangan lupakan institusi yang telah membesarkan kalian, sumbangkanlah pemikiran yang kalian miliki kepada lembaga yang telah membesarkan kalian, semoga para pemimpin dan tokoh masyarakat dimasa mendatang adalah alumni MAN Insan Cendekia Tapsel," ujarnya.


Kemudian Ketua Majelis Wali Amanat USU, Panusunan Pasaribu dalam arahannya mengucapkan, selamat atas kelulusan siswa siswa MAN IC Tapsel, dimana lulusan angkatan I yang jumlah siswa 46 orang telah berhasil lulus 100 persen, pada ujian nasional dan 78,5 persen sudah diterima di perguruan tinggi negeri, baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan ini merupakan awal yang bagus.


MAN IC Tapanuli Selatan ini merupakan salah satu MAN yang berada di Sumatera Utara dan ini harus dipertanggungjawabkan oleh Kepala Sekolah dan Kantor Kementerian Agama Tapsel, apalagi MAN IC ini bertempat di Tapsel yang Bupatinya selalu mendukung terhadap dunia pendidikan.


"Disamping itu, saya lihat siswa siswa yang lulus ini telah masuk di perguruan tinggi ternama bukan perguruan tinggi biasa biasa ada yang di ITB, USU, Andalas, UIN, Ikatan Dinas Kementerian Pertahanan RI dan Perguruan Tinggi lainnya serta Perguruan Tinggi di Tiongkok," terang Panusunan.


Selanjutnya kata Panusunan, saat ini USU telah berhasil masuk dalam klaster I daftar pemeringkatan perguruan tinggi non vokasi seluruh Indonesia tahun 2019, sehingga USU berada pada peringkat 13 di klaster I, naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yang waktu itu berada diperingkat 15 atau peringkat I klaster 2.


Sedangkan Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu, SH dalam arahannya mengatakan, Pemkab Tapsel selalu komit dengan pelaksanaan visi misi daerah yaitu mencerdaskan masyarakat Tapsel melalui bidang pendidikan dan keagamaan. 


"Bupati Tapsel juga selalu komit pada upaya pembangunan SDM melalui pendidikan terutama pendidikan keagamaan, dan alhamdulillah sudah mulai kita rasakan sekarang ini," kata Syahrul.


Disamping itu, Syahrul berpesan kepada pimpinan MAN IC, pengelola serta majelis guru, agar dapat terus dipertahankan atas prestasi yang telah diraih oleh para siswa dan juga agar ditingkatkan dalam inovasi pendidikan di generasi yang akan datang.


"Semoga angkatan selanjutnya dapat memiliki capaian yang tidak kalah hebat dari tahun sebelumnya yang saat ini 78,5 persen kalau bisa ditahun yang akan datang bisa mencapai 98,2 persen," harap Syahrul. (baginda)

KOMENTAR