--> Warga Desa Teluk Panji III dan Teluk Panji IV Labusel Segera Nikmati Layanan Air Bersih dari Pamsimas | suluh sumatera

Warga Desa Teluk Panji III dan Teluk Panji IV Labusel Segera Nikmati Layanan Air Bersih dari Pamsimas

Bagikan:

Warga Desa Teluk Panji III dan Teluk Panji IV Labusel Segera Nikmati Layanan Air Bersih dari Pamsimas



KAMPUNGRAKYAT


suluhsumatera : Sejumlah warga yang bermukim di Desa Teluk Panji III dan Desa Teluk Panji IV, Kec. Kampungrakyat, Kab. Labusel, akan lebih mudah mendapatkan air bersih.


Dalam waktu dekat, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) akan beroperasi di tempat itu.


Hal itu terungkap pada monitoring yang dilakukan Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPW Sumut) terhadap proyek Pamsimas III tahun 2020 yang sedang dibangun di Desa Teluk Panji III dan Desa Teluk Panji IV, Kamis (10/09/2020).


Kehadiran tim BPPW Sumut diwakili Paruhum Lubis dan Andri Sundana, didampingi DFMA Pamsimas Labusel Hadyanto Sinaga bersama Fasilitator Masyarakat Rendie, Rahmat Hidayat, JR Marbun, dan Luthfi Harahap.


Kordinator KKM Tirto Mulyo, Desa Teluk Panji III, Suwiryo dan Ketua Satuan Pelaksana (Satlak), Dul Wahyudi berharap kehadiran Pamsimas dapat  dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.


"Kami berharap hadirnya Pamsimas bisa membuat masyarakat memakai air layak konsumsi," ungkap Suwiryo dan Dul kepada wartawan. 


Lebih lanjut Suwiryo mengatakan, permasalahan air di Desa Teluk Panji III terletak pada kualitas air. 


Sebab kata dia, di daerah ini sumber air banyak dan jernih, namun ketika air diendapkan semalaman saja, air akan menguning dan berbau amis. 


Senada juga dikatakan KKM Makmur Bersama Desa Teluk Panji IV, Agung dan Satlaknya M. Soim. 


Menurutnya, kondisi di Desa Teluk Panji III dan IV sama, selain kualitas airnya kurang baik, kondisi tanah di desa itu labil (gambut), sehingga pada saat penggalian lubang untuk tiang menara dibutuhkan orang yang ahli, karena masih banyak akar kayu yang ditemukan saat menggali. 


Selain itu kata dia, menara air juga harus dibangun pakai besi, agar tidak mudah miring maupun amblas. 


Tim BPPW Sumut, Paruhum Lubis dan Andri Sundana mengatakan, tujuan monitoring ke Kab. Labusel, untuk mengetahui kendala-kendala kegiatan Pamsimas III dan tindakan lanjut untuk penyelesaian permasalahan air minum. 


"Kehadiran kami untuk memastikan permasalahan yang ada di Desa dan memberikan solusi, agar air Pamsimas nantinya layak konsumsi," tandasnya. (jr)

KOMENTAR