--> Bantu Cegah Penyebaran Covid-19, Pamsimas Labusel Sosialisasi PHBS di Sekolah dan Masyarakat | suluh sumatera

Bantu Cegah Penyebaran Covid-19, Pamsimas Labusel Sosialisasi PHBS di Sekolah dan Masyarakat

Bagikan:

Bantu Cegah Penyebaran Covid-19, Pamsimas Labusel Sosialisasi PHBS di Sekolah dan Masyarakat



TORGAMBA


suluhsumatera : Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Puskesmas Cikampak mensosialisasikan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah dan masyarakat, Rabu (30/09/2020). 


Acara yang digelar di SDN 118443  Dusun Kandang Motor, Desa Aek Batu, Kec. Torgamba itu, dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, yakni cuci tangan dan tes cek suhu serta memakai masker sebelum memasuki ruangan.


Petugas Kesling Puskesmas Cikampak, Lilis Juliana menjelaskan, PHBS merupakan upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas, dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. 


Menurutnya, ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi, guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup bersih sehat. 


Kata Lilis, tujuan utama PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. 


Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.


Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Fasilitator Senior Pamsimas Labusel Istaulal Harahap beserta Fasilitator Teknik Luthfi Harahap, Fasilitator Pemberdayaan Vera Sihombing dan JR Marbun, KKM Asahan Asri Nanang Purboyo dan Satuan Pelaksana KKM Asahan Asri Salamun. (jr)

KOMENTAR