--> Warga Simalungun Terima Sertifikat Tanah Gratis, Bupati Simalungun Apresiasi Presiden Jokowi | suluh sumatera

Warga Simalungun Terima Sertifikat Tanah Gratis, Bupati Simalungun Apresiasi Presiden Jokowi

Bagikan:

Warga Simalungun Terima Sertifikat Tanah Gratis, Bupati Simalungun Apresiasi Presiden Jokowi

Bupati Simalungun, JR. Saragih bersama Muspida Plus Kab. Simalungun saat mengikuti video confrence Presiden, Joko Widodo. Foto: suluhsumatera/istimewa.


SIMALUNGUN


suluhsumatera : Bupati Simalungun, Dr. JR. Saragih, SH, MM mengapresiasi pemberian sertifikat tanah gratis kepada warga Kab. Simalungun oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang dilakukan secara virtual, Selasa (27/10/2020).


Pada pemberian sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Kab. Simalungun yang digelar secara virtual di Balai Desa Dolok Kahean, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun itu, Bupati JR. Sragih mengatakan, sertifikat gratis yang diberikan Presiden, Joko Widodo melalui Kementrian Agraria dan Tata Ruang, sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun perekonomian masyarakat.


"Saya mengapresiasi penyerahan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Kab. Simalungun, karena sangat membantu pemerintah daerah dalam pembangunan perekonomian masyarakat," ujar JR.


JR berharap, sesuai pesan Presiden, masyarakat hendaknya memanfaatkan sertifikat tanah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya, karena dapat dimanfaatkan sebagai jaminan meminjam modal usaha ke bank.


"Sesuai pesan Presiden, sertifikat tanah yang dijaminkan ke bank benar-benar dijadikan modal usaha, bukan membeli keperluan lainnya seperti sepeda motor atau perhiasan," pungkas JR.


Sebelumnya Presiden, Joko Widodo menyerahkan 20.087 sertifikat tanah gratis secara virtual kepada masyarakat yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


Presiden  melalui pidato yang disampaikan secara video conference dari Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) mengatakan, dengan telah memiliki sertifikat tanah, kepastian hukum atas tanah yang dimiliki masyarakat sudah jelas serta dapat diagunkan (jaminan) dan dijadikan sebagai modal usaha.


"Sertifikat yang diterima agar dijaga sebaik-baiknya, jangan sampai hilang karena sertifikat ini bisa dijadikan jaminan pinjaman modal usaha ke bank. Gunakanlah sertifikat ini untuk keperluan yang produktif," ujar Presiden.


Sementara itu, Kasi Infrastruktur Pertanahan BPN Simalungun, Naslahuddin menjelaskan, tahun 2020 ini Kab. Simalungun mendapat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) sebanyak 2.850 sertifikat, dimana program ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat.


"Sekarang yang kita serahkan secara simbolis sebanyak 30 sertifikat, silahkan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Naslahuddin.


Penyerahan sertifikat gratis ini dihadiri, Danrem 022 Pantai Timur, Ketua DPRD Simalungun, Kapolres Simalungun, Dandim 0207 Simalungun, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, mewakili Kejaksaan Negeri Simalungun, sejumlah pimpinan SKPD jajaran Pemkab Simalungun, Camat Tapian Dolok, dan para pengulu/lurah serta undangan.

(syahru)

KOMENTAR