--> Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Unimal Membuat Hand Sanitizer Bersama Bidan Gampong Batuphat Barat | suluh sumatera

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Unimal Membuat Hand Sanitizer Bersama Bidan Gampong Batuphat Barat

Bagikan:

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Unimal Membuat Hand Sanitizer Bersama Bidan Gampong Batuphat Barat


LHOKSEUMAWE

suluhsumatera : Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satu skema KKN dari Universitas Malikussaleh adalah pencegahan penyebaran virus Corona oleh mahasiswa kelompok KKN 287 dalam pengabdian kepada masyarakat dengan pembuatan hand sanitizer bersama bidan desa.


Fakrulrazi dalam rilis yang dierima suluhsumatera, Selasa (03/11/2020) mengatakan, Mahasiswa KKN Kelompok 287 dengan skema Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 pada masa New Normal di Gampong Batuphat Barat, melaksanakan pembuatan hand sanitizer.


"Kami mencoba memberikan manfaat langsung dengan membuat hand sanitizer bersama bidan desa," ungkap Fakrulrazi didampingi rekannya, Ikhwanul Muslim, Zawil Arham, Wulan Purnama, Lely Kurniati, Misra Feri, dan Uswatun Hasanah.


Lanjut Fakrulrazi, pembuatan hand sanitizer sangat dibutuhkan di tengah wabah virus Corona, karena ampuh dalam meminimalisir penularan virus. 


Penggunaan hand sanitizer kata dia, merupakan imbauan pemerintah dalam mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan.


"Hand sanitizer menjadi kebutuhan utama selain masker di masa new normal saat ini, sehingga sangat dibutuhkan edukasi kepada masyarakat bagaimana membuatnya," jelas Fakrulrazi.


Sementara itu, Bidan Nora Susita, Am Keb menjelaskan, pembuatan hand sanitizer merupakan rencana program yang dilakukan Mahasiswa KKN K287.

 

"Setelah rencana program itu disampaikan, maka kami bersama-sama membuat hand sanitizer dengan arahan dan bimbingan dari ibu Bidan, Nora Susita, Am Keb," kata Lely.

 

Nora mengatakan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN K287 berinisiatif untuk membuat hand sanitizer menggunakan bahan alkohol 70 persen, aloe vera 92 persen, baby oil, dan Natur-E.


Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 287, Mursalin, MPd mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN K287 dengan memanfaatkan bahan utama aloe vera dan alkohol untuk pembuatan hand sanitizer.


"Dengan adanya kegiatan dari Mahasiswa KKN K287 dalam pembuatan hand sanitizer ini. Semoga masyarakat Gampong Batuphat Barat dapat menggunakan, sebagai salah satu cara mengurangi virus di bagian tangan," pungkas Mursalin. (*/ril)

KOMENTAR