--> Gubernur Sumut Berharap Pembentukan Pansel Bakal Calon Rektor USU Lancar dan Sesuai Aturan | suluh sumatera

Gubernur Sumut Berharap Pembentukan Pansel Bakal Calon Rektor USU Lancar dan Sesuai Aturan

Bagikan:

Gubernur Sumut Berharap Pembentukan Pansel Bakal Calon Rektor USU Lancar dan Sesuai Aturan


MEDAN

suluhsumatera : Rapat Pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) Bakal Calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) digelar, Kamis (5/11/2020).


Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi selaku Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) USU mengikuti rapat tersebut secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan. 


Gubernur berharap, pembentukan Pansel hingga pemilihan rektor berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan berlaku.


"Saya berharap, panitia yang telah dibentuk hari ini akan menjalankan amanah dan tanggung jawab untuk melaksanakan tahapan-tahapan penjaringan, penyaringan, hingga pemilihan rektor. Mudah-mudahan, pemilihan rektor dapat kita laksanakan sesuai jadwal dan rektor terpilih ialah sosok yang mampu menjadikan USU lebih bergengsi dan naik kelas," ujar Edy.


Menanggapi perihal kandidat yang dipilih untuk mewakili MWA dalam panitia penjaringan calon rektor USU periode 2021-2026, Edy menyatakan dukungan dan yakin keempat kandidat terpilih memiliki kualitas dan kapasitas untuk menjadi representatif MWA dalam kepanitiaan.


Sebelumnya, Rapat Pembentukan Pansel Bakal Calon Rektor USU dibuka Ketua MWA USU Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir. 


Disebutkan, sesuai dengan ketentuan Pasal 51 Ayat 4 dalam Peraturan MWA USU Nomor 16 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kelola USU, pembentukan panitia penjaringan calon rektor harus terdiri dari empat unsur yang berasal dari empat perwakilan MWA, tiga perwakilan Senat Akademik (SA), tiga perwakilan Dewan Guru Besar (DGB), dan satu perwakilan dari unsur rektorat.


"Perwakilan dari ketiga unsur telah kita terima nama-namanya. Sedangkan, perwakilan dari unsur MWA akan saya bacakan dan kita sepakati bersama di sini. Yakni, Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta Sp A(k), Dr. H. Abdul Hakim Siagian, SH, MHum, Muhammad Arifin Nasution, SSos, MSP, dan Dr. Ir. Fahmi, ST, MSc, IPM," terang Nurmala.


Rektor USU Runtung Sitepu dan peserta rapat lainnya sepakat dengan nama-nama yang telah ditetapkan Ketua MWA USU Nurmala.


Runtung menambahkan bahwa nama-nama yang disebutkan merupakan komposisi yang pas, baik dari keterwakilan unsur-unsur anggota MWA maupun unsur usia yakni terdapat dua angkatan tua dan dua angkatan muda yang masih enerjik.


Pansel Penjaringan Bakal Calon Rektor USU periode 2021-2026 diharapkan agar segera rapat dan menetapkan struktur kepanitiaan dan selanjutnya menetapkan jadwal penyelenggaraan. 


Jadwal tentatif sementara direncanakan bahwa pemilihan rektor akan berlangsung, 3 Desember 2020, untuk menggantikan masa jabatan rektor saat ini yang akan berakhir, pada Januari 2021.


Diketahui, Pansel yang mewakili unsur SA yakni Romi Fadhillah Rahmat, BComp, MSc, Prof. Dr. Saidin, SH,MHum, dan drg. Ariyani, MDSC, Sp Pros(K). 


Pansel yang mewakili unsur DGB yakni Prof. Drs. Heru Santosa, MS, PhD, Prof. Dr. Hakim Bangun, Apt, Prof. Dr. Syafruddin Kalo, SH MHum. 


Terakhir, mewakili rektorat, yakni Ir. Luhut Sihombing, MP. Rapat diikuti seluruh anggota MWA USU, Rektorat, dan mewakili Kemendikbud RI. (*)

KOMENTAR