--> Ketua LPA Sumut Sambut Baik Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kementerian Desa | suluh sumatera

Ketua LPA Sumut Sambut Baik Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kementerian Desa

Bagikan:

Ketua LPA Sumut Sambut Baik Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kementerian Desa

Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga  bersama Menteri Desa. Foto: suluhsumatera/istimewa.

DELI SERDANG


suluhsumatera : Ketua Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Utara, Muniruddin Ritonga menyambut baik program desa ramah perempuan dan peduli anak yang diinisiatori H. Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi Republik Indonesia.


"Sebagai salah satu lembaga yang konsen pada bidang anak di bawah pimpinan Arist Merdeka Sirait, sangat berbahagia dengan adanya program ini. Diharapkan dapat memutus mata rantai kejahatan seksual pada anak dan pengabaian terhadap hak-hak dasar anak selamana ini," katanya kepada wartawan di komplek perkantoran Bupati Deli Serdang, Rabu (11/11/2020).


Dikatakan, dengan lahirnya UU Desa No. 06 tahun 2014, sesungguhnya memberikan peluang cukup besar dan luas kepada desa untuk mengurus dan menata kelola desanya secara baik. 


Oleh karena hal tersebut dengan trus meningkatnya kasus kejahatan terhadap anak dan masih rendahnya perhatian terhadap pemenuhan hak-hak dasar anak di Sumut secara khusus dan Indonesia umumnya.


Program desa ramah perempuan dan peduli anak ini memiliki posisi sangat strategis untuk menekan angka pelanggaran terhadap hak-hak anak dan sekaligus dapat meningkatkan pemenuhan hak-hak dasar anak akan lebih baik kedepannya. 


Lanjut Munir, program desa ramah perempuan dan oeduli anak ini juga bahagian dari mewujudkan Indonesia maju.


Oleh karenanya perempuan dan anak ini adalah faktor pendukung yang sangat strategis untuk maju dan mundurnya suatu negara.


"Kita berharap kedepan komitmen dan keseriusan Kementerian Desa PDTT RI untuk mensukseskan program desa ramah perempuan dan peduli anak kiranya ditindaklanjuti oleh desa secara baik dan kami dari Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Utara dan LPA Se Indonesia siap bekerja sama lahir dan batin dengan Kementerian Desa PDTT RI atas kepentingan terbaik anak di masa depan," pungkasnya. (hrp)

KOMENTAR