--> KPU Labuhanbatu Gelar Simulasi Putungsuara, Peserta dan Petugas Tidak Bersentuhan | suluh sumatera

KPU Labuhanbatu Gelar Simulasi Putungsuara, Peserta dan Petugas Tidak Bersentuhan

Bagikan:

KPU Labuhanbatu Gelar Simulasi Putungsuara, Peserta dan Petugas Tidak Bersentuhan


LABUHANBATU


suluhsumatera : KPU Labuhanbatu menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsuara) serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS dalam pemilihan serentak tahun 2020, Sabtu (21/11/2020), di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.


Simulasi pemungutan suara ini melibatkan peserta atau pemilih di TPS 05 Lingkungan Kampung Tempel, Rantauprapat, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB.


Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi mengatakan, proses pemungutan dan penghitungan suara ril tersebut juga akan dilanjutkan dengan penghitungan suara yang diprediksi akan selesai pukul 16.00 WIB.


"Simulasi pemungutan suara ril, seperti yang akan dilaksanakan, pada 9 Desember nanti yang dimulai pukul 07.00 WIB dan selesai pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan suara dan dilakukan sesuai dengan kondisi ril," sebut Wahyudi.


Selain warga Lingkungan Kampung Tempel, proses ini juga melibatkan petugas TPS di antaranya 7 orang KPPS, 2 orang petugas ketertiban, dan saksi.


Petugas di TPS lanjut Wahyudi, juga dilengkapi dengan facashield masker, sarung tangan, dan hand sanitizer disiapkan, juga secara berkala dilakukan penyemprotan selama setengah atau dua jam sekali di seputar TPS juga disediakan wastafel cuci tangan di pintu masuk serta pintu keluar TPS.


Wahyudi menerangkan, simulasi ini juga sebagai gambaran bagi masyarakat, bahwa dalam proses pemungutan suara nanti, pemilih dan petugas di TPS tidak ada yang bersentuhan, sehingga dapat memastikan keamanan dan keselamatan pemilih.


"Dalam proses ini kita ingin menunjukkan kepada masyarakat, memastikan, bahwasanya mulai dari pemilih masuk hingga keluar, pemilih tidak ada bersentuhan dengan petugas di TPS," terang Wahyudi.


"Jadi dapat dipastikan tidak ada sentuhan antara petugas TPS dengan pemilih, jadi pemilih tidak usah khawatir datang ke TPS, KPU menjamin tidak ada Pandemi Covid 19 dan tidak tersebar di TPS," kata Wahyudi menambahkan.


Simulasi yang digelar di pusat Kota Rantauprapat ini dihadiri oleh Koordinator Divisi Teknis KPU Provinsi Sumut, Batara Manurung, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan diwakili Kabag OPS, Kasdim 0209, Kadisduk Capil dan Kabag Pem Labuhanbatu.


Wahyudi berpesan, agar masyarakat atau pemilih untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hadir di TPS di antaranya, masker, bolpoin formulir C pemberitahuan, dan KTP el.


"Sebelum datang ke TPS, jangan Lupa pakai masker, bawa bolpoin sendiri untuk mengisi daftar hadir, pemilih memastikan bawa formulir C pemberitahuan dan KTP el," pungkasnya. (zain)

KOMENTAR