--> HUT ke 22 Mandailing Natal, Bupati Buka Pagelaran Seni Budaya | suluh sumatera

HUT ke 22 Mandailing Natal, Bupati Buka Pagelaran Seni Budaya

Bagikan:

HUT ke 22 Mandailing Natal, Bupati Buka Pagelaran Seni Budaya


MANDAILING NATAL

suluhsumatera : Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution membuka pagelaran seni budaya mandailing di Gedung Serba Guna, Desa Parbangunan, Kec. Panyabungan, Rabu (10/03/2021).


Pagelaran seni budaya yang diselenggarakan Dinas Pariwisata bersama Dinas Pendidikan Madina ini tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.


Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutan menyampaikan, kita dapat memanfaatkan seni budaya, sehingga bernilai ekonomi.


"Selain untuk menanamkan kembali adat budaya kepada generasi muda, adat budaya ini juga bisa menghasilkan uang sebagai penopang ekonomi dengan menampilkan seni budaya di setiap tempat parawisata yang ada di Madina ini," katanya.


Begitu juga selain agama, kata Dahlan Hasan, Madina terkenal dengan adat budaya, untuk itu harus mengembalikan adat budaya Mandailing seperti dulu.


"Dengan kegiatan-kegiatan pagelaran ini kita harus mengembalikan Mandailing ke Mandailing dulu, yang terkenal dengan agama dan adat budaya," ajaknya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Madina, Yasir Lubis mengatakan, kegiatan teresebut dilaksanakan dalam rangka HUT Madina ke 22 dan untuk menghidupkan serta mengembangkan seni budaya.


"Pegelaran seni budaya, selain dalam rangka HUT Madina, juga tentang bagaimana menghidupkan kembali seni budaya di Mandailing Natal dengan mensinkronkan dengan parwisata," ucapnya.


Disebutkan Yasir, adapun peserta acara pegalaran ini, dari perwakilan setiap kecamatan, tingkat SD, SMP, SMA, yang akan menampilkan tarian, gordang sambilan, monolok/drama, puisi serta dapat disaksikan secara live melalui channel youtube Dinas Pariwisata Madina.


Yasir juga mengatakan, tujuan acara tersebut untuk menghidupkan seni budaya dan akan ada di setiap parawisata yang dapat menjadi nilai ekonomi.


"Seni budaya ini akan hadir di lokasi-lokasi objek wisata, hal ini akan menjadi daya tarik pada setiap objek wisata, sehingga bagi pelaku seni budaya akan bisa menjadi nilai ekonomi atau kemasukan sekaligus bisa melestarikan seni budaya Mandailing," pungkasnya.


Ia pun berharap acara tersebut dapat memberi manfaat kepada generasi muda, meningkatkan ketertarikan generasi muda untuk mengembangkan seni budaya di Madina.


Selain dihadiri Bupati, pagelaran seni budaya tersebut juga dihadiri, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP PKK Madina Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution dan Kepala Dinas Pendidikan Madina Ahmad Gong Matua Nasution. (baginda)

KOMENTAR