--> Putra Terbaik Padang Lawas Terpilih Jadi Prajurit Pasukan PBB | suluh sumatera

Putra Terbaik Padang Lawas Terpilih Jadi Prajurit Pasukan PBB

Bagikan:

Putra Terbaik Padang Lawas Terpilih Jadi Prajurit Pasukan PBB

Pratu. Muhammad Iqbal Harahap, sedang bertugas di Afrika Tengah. Foto: suluhsumatera/istimewa.

PADANG LAWAS


suluhsumatera : Pratu. Muhammad Iqbal Harahap, salah satu putra terbaik Kab. Padang Lawas (Palas), terpilih menjadi prajurit pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Afrika Tengah, Senin (08/02/2021) lalu.


Beliau adalah putra kandung dari Maratiop Harahap dengan Nuriati Nasution, asal Desa Mompang, Kec. Barumun Baru, Kab. Palas.


Masyarakat Desa Mompang pun berbangga hati, sebab melalui Pratu. Muhammad Iqbal Harahap yang terpilih menjadi salah satu pasukan perdamaian PBB di Afrika Tengah, akan membawa nama Kab. Palas dan Indonesia, di tingkat internasional.


Pratu. Iqbal melalui seluler pribadinya kepada wartawan, Senin (29/03/2021), ia ditugaskan di Kongo Afrika Tengah dan bergabung dengan prajurit lainnya sebagai pasukan perdamaian PBB, kurang lebih satu tahu kedepan.


Lebih lanjut dikatakan, perwakilan dari Indonesia sebanyak 850 orang yang diberangkatkan ke Kongo, Afrika Selatan, setelah melalui proses seleksi untuk menjadi pasukan perdamaian.


"Cukup banyak tahapan seleksi yang harus dilalui, yakni mulai dari seleksi kesehatan diri peserta, kesegaran jasmani, lari 3.200 meter dengan waktu 12 menit, pull up 18 kali dalam waktu satu menit, sit up 45 kali satu menit,  push up 43 kali satu menit, tes komputer, tes mengemudi mobil, dan masih banyak lagi," kata Iqbal.


"Syukur alhamdulillah, semua rangkaian tes tersebut dapat saya lewati dengan baik," ujar Iqbal. 


"Untuk diketahui saja, sulit atau tidaknya seluruh tes yang diberikan, tidak terlepas dari doa dan diri kita sendiri dalam mempersiapkan diri untuk menghadapinya," kata Iqbal.


"Dan bagi saya sebenarnya tidak terlalu sulit alias dapat saya lewati semua, karena saya menghadapinya dengan doa dan persiapan yang sudah matang. Sehingga saat berhadapan dengan rangkaian tes, saya sudah siap secara fisik dan mental," terang Iqbal.


"Atas hal itu semua, alhamdulillah saya sangat bangga dan bersyukur telah diberikan kepercayaan menjadi pasukan perdamaian di Afrika Tengah, karna ini adalah merupakan momen yang paling sangat saya tunggu dan  saya banggakan dalam mengabdi di TNI AD," sambung Iqbal.


Lanjut Iqbal berpesan, khususnya untuk adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, agar belajar dengan tekun dan tetap semangat.


"Belajarlah yang lebih tekun dan baik, ingat sesulit apapun perekonomian orang tua kita, tetaplah semangat dan berdoa, insya Allah, Allah akan mempermudah langkah dan perjalanan kita kedepannya," pesan Iqbal.


"Untuk itu, saya berharap dan mengajak adik-adik putra dan putri Kab. Palas agar terbuka hatinya ataupun berniat untuk mendaftarkan diri menjadi seorang prajurit TNI dimanapun berada," pintanya. (sutan)


KOMENTAR