--> Zaskia Sungkar Bela Ayahnya Yang Didakwa Korupsi Dana Pelatnas Asian Games 2018 | suluh sumatera

Zaskia Sungkar Bela Ayahnya Yang Didakwa Korupsi Dana Pelatnas Asian Games 2018

Bagikan:

Mark Sungkar disebut tidak segera mengembalikan dana sisa kegiatan ke kas negara yang ditransfer pihak The Cipaku Garden Hotel.


Suluhsumatera
-   Artis peran sekaligus mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PPFTI) Mark Sungkar terjerat kasus korupsi.

Melansir Kompas.com, Ayah Shireen dan Zaskia Sungkar ini didakwa memperkaya diri Rp 399,7 juta atas laporan keuangan fiktif kegiatan dana Pelatnas Asian Games 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Dalam dakwaan, Mark Sungkar disebut tidak segera mengembalikan dana sisa kegiatan ke kas negara yang ditransfer pihak The Cipaku Garden Hotel.

Semua ini berawal pada 2017 ketika Mark Sungkar mengajukan proposal kegiatan bertajuk "Era Baru Triathlon Indonesia" ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) senilai Rp 5,072 miliar.

Namun, sisa uang Rp 399,7 juta dari kegiatan tersebut diduga digunakan untuk memperkaya diri sendiri.

Mark Sungkar juga diduga memperkaya orang lain, di antaranya Andi Ameera Sayaka sebesar Rp 20,65 juta, Wahyu Hidayat Rp 41,3 juta, Eva Desiana sebesar Rp 41,3 juta, Jauhari Johan Rp 41,3 juta, atau pihak korporasi The Cipaku Garden Hotel atas nama Luciana Wibowo Rp 150,65 juta.

Atas perbuatannya, Mark Sungkar didakwa melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-Undang Tipikor subsider Pasal 3 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-Undang Tipikor, lebih subsider Pasal 9 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b UU Tipikor.

Mengenai hal ini, Zaskia Sungkar angkat bicara. Dalam kanal YouTube The Sungkars Family, dia melakukan pembelaan atas tuduhan yang menjerat ayahnya itu.

Yakin tak lakukan

Zaskia mengatakan, awal ayahnya terjerat kasus dugaan laporan keuangan fiktif dana kegiatan Pelatnas Asian Games 2018 di Bandung, ia sedih sekaligus terkejut.

Kendati demikian, Zaskia yakin Mark Sungkar tidak melakukan hal tersebut karena dia menganggap ayahnya merupakan salah satu orang yang paling antikorupsi.

"Cuma balik lagi, yang penting kami lebih tahu papa kami seperti apa. Kami anaknya, kami tahu betul, insya Allah ayah kami enggak akan melakukan hal itu," kata Zaskia.

Apalagi, Zaskia mengeklaim Mark Sungkar merupakan salah satu orang yang anti dengan korupsi.

Sementara itu, Zaskia mengeklaim ayahnya telah mengembalikan uang Rp 399,7 juta kepada negara sejak dua tahun yang lalu.

Menurut Zaskia, padahal uang yang dikembalikan itu sudah menjadi hak ayahnya dan para atlet yang lain.

Namun, kata Zaskia, dia dan ayahnya tidak mau ambil pusing dan memilih untuk mengembalikan uang tersebut ke negara.

"Itu haknya papa dan para atlet. Yang dianggap itu pun kami, 'Ya sudah balikin', Shireen juga bilang, 'Ya sudahlah, Pa, itu kan hak papa, nanti tagih lagi aja di akhirat, susah amat', itu sudah dikembalikan semuanya," ujar Zaskia.

Uang yang gampang dicari

Istri artis peran Irwansyah itu menegaskan, sampai hari ini ayahnya tidak pernah merasa kekurangan uang.

Menurut Zaskia, uang senilai Rp 399,7 juta merupakan nominal yang mudah untuk didapatkan keluarganya dengan cara yang benar.

"Ini masalahnya, kita syoknya tuh, 'Hah, Rp 300 juta-an?'. Maaf banget, maksudnya uang segitu bukan suatu hal yang susah untuk dicari buat kita secara halal. Kenapa harus ambil yang haram gitu kan?" kata Zaskia.

KOMENTAR