--> Polsek Kualuh Hulu Jamin Keamanan Ibadah Jumat Agung | suluh sumatera

Polsek Kualuh Hulu Jamin Keamanan Ibadah Jumat Agung

Bagikan:

Polsek Kualuh Hulu Jamin Keamanan Ibadah Jumat Agung


LABUHANBATU UTARA

suluhsumatera : Polsek Kualuh Hulu menerjunkan personel untuk memberikan jaminan keamanan kepada umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah Jumat Agung serta seluruh rangkaian Paskah, Jumat (2/4/2021).


Kapolsek Kualuh Hulu, AKP. Sahrial Sirait, SH, MH menyampaikan, pengamanan Paskah telah dilaksanakan bersama personel TNI yakni, Koramil 01/AK.


Pelaksanaan PAM dipimpin langsung Kapolsek didampingi Kanit Sabhara, Iptu. Sujono, Kanit Lantas Iptu. Aswin, SH, Kanit Reskrim Ipda. Eko Sanjaya, SH, MH, dan Kanit Provos Ipda. P. Sirait.


Sebelum pelaksanaan kegiatan ibadah, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dan sterilisasi seluruh ruangan dalam gereja. Dalam pengecekan itu, tidak ditemukan benda-benda mencurigakan.


"Jadi umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah kami jamin keamanannya 100 persen. Kami tidak akan pernah memberikan ruang sedikit pun bagi oknum-oknum yang ingin membuat kacau situasi dan kondisi, khususnya di masa Paskah ini, di hari Jumat Agung sampai dengan ibadah puncak Paskah nanti," kata Sahrial saat memantau pengamanan Gereja Katolik Aek Kanopan, Kec. Kualuh Hulu.


Dijelaskan, pihaknya menurunkan personel gabungan TNI-Polri, kemudian personel yang ada di Polsek pun sudah melaksanakan PAM bersama Koramil.


"Kita tugaskan seluruh personel di tempat-tempat yang sekiranya rawan terjadi gangguan Kamtibmas. Hari ini saya dengan Danramil 01/AK melaksanakan pengecekan dan evaluasi semua pengamanan yang sudah berjalan," ujarnya.


Dia melanjutkan, selain melaksanakan pengamanan terkait ibadah Paskah, pihaknya juga memastikan protokol kesehatan Covid-19 tetap berjalan, mengingat ini masih dalam masa pandemi. 


Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus gereja yang sudah bersama-sama menjaga untuk mentaati protokol kesehatan.


"Kenapa saya bilang sudah sama-sama menjaga, karena di setiap gereja sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, pakai masker, menjaga jarak," imbuhnya.


Ditambahkan, PAM dilaksanakan di sembilan gereja yaitu, Gereja Katolik Aek Kanopan, Gereja HKBP Kualuh Selatan, Gereja Huria Damuli Pekan, Gereja HKBP Aek Kanopan, Gereja GMI Aek Kanopan, Gereja HKBP Gunting Saga, Gereja HKBP Damuli Kebun, Gereja HKBP Sinar Pagi, Gereja GSPDI 1 Filadelfia Wonosari, dan Gereja GKPI Aek Kanopan. (maillee)

KOMENTAR