--> 26 Delegasi Petani Asal Deliserdang yang Melakukan Aksi Jalan Kaki ke Istana Negara, Tiba di Jakarta | suluh sumatera

26 Delegasi Petani Asal Deliserdang yang Melakukan Aksi Jalan Kaki ke Istana Negara, Tiba di Jakarta

Bagikan:

26 Delegasi Petani Asal Deliserdang yang Melakukan Aksi Jalan Kaki ke Istana Negara, Tiba di Jakarta


LBUHANBATU


suluhsumatera : Sebanyak 26 orang perwakilan dari 170 petani asal Desa Simalingkar A dan Sei Mencirim, Kab. Deliserdang yang melakuka aksi jalan kaki menuju Istana Negara menuntut penyelesaian sengketa lahan dengan PTPN2, tiba di Jakarta, pada Senin (13/07/2020) malam.


"Sebanyak 26 orang perwakilan petani sudah sampai di Jakarta," ungkap Kordinator Aksi, Aris Wiyono kepada wartawan saat dihubungi via Whatsapp, Rabu (15/07/2020).


Dijelaskan, sesampainya di Jakarta mereka diterima di Kantor PBNU, Jakarta Pusat serta mendapatkan pelayanan rapid test gratis guna memenuhi protokol kesehatan. 


Setelah itu mereka difasilitasi tempat istirahat di Kantor YTKI oleh Kementerian Tenaga Kerja, sebagai tempat istirahat dan berjuang untuk menyampaikan aspirasi serta keluhan mereka di Jakarta. 


Keesokan paginya kata dia, sekira pukul 09.00 WIB, mereka mendapatkan kunjungan langsung dari Menteri Tenaga Kerja, Ida Fuuiyah sebagai bentuk perhatian dan keprihatinan seorang menteri, sekaligus pembantu presiden. 


Menurutnya, beliau berjanji akan menyampaikan permasalahan yang menimpa dan dialami petani Simalingkar dan Sei Mencirim akibat sengketa lahan dengan PTPN2 Tanjung Morawa, selaku perusahaan BUMN.


Selanjutnya jelas Aris, perwakilan petani diterima oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR-RI yang dengan antusias dan rasa keprihatinan seluruh Komisi dari fraksinya turut serta merespon kasus yang menimpa petani Simalingkar dan Sei Mencirim. 


"Disana hadir Wakil Ketua Komisi 2, Wakil Ketua Komisi 4 dan Ketua Komisi 6 DPR RI dan dipimpin langsung oleh ketua Fraksi PKB, setelah 2 jam beliau mendengarkan aspirasi perwakilan petani," paparnya.


Kemudian lanjut dia, disertai tangis pilu seorang nenek tua renta dalam pengaduanya dan seluruh yang ada diruangan menangis dan serasa ikut merasakan beban petani, akhirnya Fraksi PKB memutuskan 100 persen mendukung perjuangan petani Simalingkar dan Sei Mencirim serta berjanji akan menuntaskan persoalan konflik agraria yang dialami para petani dengan PTPN2.


Menurutnya, semua Komisi dari Fraksi PKB mengutuk tindakan perusahaan yang telah bertindak sepihak kepada petani.


Setelah acara tersebut berakhir, sebagai bentuk keprihatinan Ketua Fraksi PKB menyerahkan bantuan guna perbekalan para pejuang agraria dari Deliserdang, Sumatera Utara yang diterima perwakilan petani, Sulaeman Wardhana Sembiring. 


"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dari para anggota DPR untuk membantu menyelesaikan kasus konflik tanah yang kami hadapi dan kedepan semoga PKB selalu menjadi rumah rakyat dan konsen terhadap kasus petani dan selalu berpihak kepada wong cilik," pungkas Aris. (jr)

KOMENTAR