--> Rumah Oleh-oleh Khas Simalungun Diresmikan, Bupati Apresiasi | suluh sumatera

Rumah Oleh-oleh Khas Simalungun Diresmikan, Bupati Apresiasi

Bagikan:

Rumah Oleh-oleh Khas Simalungun Diresmikan, Bupati Apresiasi

Bupati Simalungun, JR. Saragih dan Ketua UMKM Sumut, Ujiana Sianturi, bersama Ketua UMKM Kab. Simalungun, saat meresmikan Rumah Oleh oleh Khas Simalungun di Kec. Pamatang Sidamanik, Senin (13/07/2020). Foto: suluhsumatera/ist.


SIMALUNGUN


suluhsumatera : Asosiasi Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) Kab. Simalungun mendapat apresiasi dari Bupati Simalungun DR. JR. Saragih yang telah menggerakkan produksi rumah tangga (home industry) dalam menggairahkan kembali perekonomian masyarakat.


Produk tersebut antara lain, kopi yang diolah langsung siap saji dengan berbagai cita rasa, kripik, kerupuk, tepung, kain tenun serta teh dari benalu kopi.


Apresiasi ini disampaikan oleh Bupati JR. Saragih saat meresmikan Rumah Oleh-oleh  Khas Simalungun yang ada di Kec. Pamatang Sidamanik, pada Senin (13/07/2020).


JR. Saragih menyebutkan, sebagai Bupati Simalungun ia sangat mendukung gagasan yang telah dilakukan oleh Asosiasi UMKM Kab. Simalungun dalam menghidupkan kembali secara perlahan perekonomian masyarakat melalui home industry, pada masa pandemi Covid-19 saat ini.


"Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini kita mengetahui adanya kendala bagi masyarakat, terutama penggiat industri rumah tangga dalam memasarkan produksinya. Banyak stok tapi sulit memasarkan, akan tetapi, dengan adanya gagasan Asosiasi UMKM ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali kegiatan industri rumah tangga, sesuai dengan intruksi Presiden. Pemkab Simalungun sangat mendukung program Asosiasi UMKM ini untuk menghidupkan  kembali perekonomian masyarakat di Kab. Simalungun ini," pungkas Bupati.


Menurut JR. Saragih, Rumah Oleh-oleh Khas Simalungun ini, diharapkan sebagai salah satu pendukung program ketahanan pangan, baik bagi daerah Kab. Simalungun maupun Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Ujiana Sianturi yang hadir pada peresmian Rumah Oleh oleh Khas Simalungun ini juga menyampaikan dukungan kepada Asosiasi UMKM Kab. Simalungun yang telah menggagasi adanya pusat penjualan oleh-oleh di daerah ini.


Dimana kata dia, saat ini Asosiasi UMKM Kab. Simalungun telah bergabung dengan Asosiasi UMKM Sumut.


"Saat ini, telah ada sekira 300 UMKM di Sumatera Utara yang telah bergabung di Asosiasi UMKM Sumut dan nantinya semua produk industri rumah tangga akan kita tampilkan," jelas Ujiana.


Ujiana berharap, dengan hadirnya Rumah Oleh-oleh di Kab. Simalungun ini, dapat diberdayakan oleh Pemda, sehingga UMKM di daerah ini dapat manju dan berkembang lebih baik.


"Ayo UMKM Simalungun agar lebih semangat lagi dalam melakukan kegiatannya, sehingga perekonomian dapat bangkit kembali," ucapnya memberi semangat. (syahru/chacha)

KOMENTAR