--> Kodim 0212/TS Gelar Lomba Vocal Group Komsos Kreatif | suluh sumatera

Kodim 0212/TS Gelar Lomba Vocal Group Komsos Kreatif

Bagikan:

Kodim 0212/TS Gelar Lomba Vocal Group Komsos Kreatif



PADANGSIDIMPUAN


suluhsumatera : Kodim 0212/TS (Tapanuli Selatan) menggelar lomba vocal group Komunikasi Sosial Kreatif di Aula Simorangkir Daulay Makodim, Jl. Imam Bonjol, Kel. Aek Tampang, Kec. Padangsidimpuan Selatan, Selasa (29/09/2020).


Bentuk Komsos itu berupa lomba olah vocal trio tradisional Batak dan Pop Indo  sesuai kearifan lokal di wilayah Kodim 0212/TS. Lomba vocal di ikuti dari berbagai usia anak - anak hingga dewasa (umum).


Adapun tema kegiatan Komsos Kreatif tahun 2020 ini bertemakan "Membentuk SDM yang Kreatif, Inovatif, dan Adaptif" dan dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0212/TS, Letkol. Inf. Roy Chandra Sihombing.


Komsos Kreatif ini digelar dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat umum, pelajar, siswa/siswi dan mahasiswa dalam rangka berpartisipasi dibidang pertahanan negara, membantu mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung tugas pokok TNI AD khususnya dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial, dengan mengangkat kesenian tradisional.


"Melalui kegiatan lomba ini kita dapat melestarikan kesenian tradisional, mengangkat kebudayaan daerah dan kearifan lokal lainnya yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan, serta memberikan wadah kepada para pelaku dan seniman olah vocal untuk bisa mengembangkan bakat," ungkap Dandim.


Dandim juga menyebutkan,kegiatan komunikasi sosial kreatif ini sebenarnya esensinya sudah disampaikan dalam bentuk tema yang tertulis salah satunya bagaimana melalui kegiatan ini kita bisa mencintai tanah air dan memiliki wawasan kebangsaan.


Dandim juga berharap, melalui lomba kesenian tradisional ini, generasi muda serta seluruh elemen lapisan masyarakat wilayah Tapanuli Bagian selatan (Kab. Tapanuli Selatan, Kab. Mandailing Natal, Kab. Padang Lawas Utara, Kab. Padang Lawas, dan Kota Padangsidimpuan) dapat berpartisipasi dibidang pertahanan negara dan kemajuan bangsa melalui pelestarian kesenian tradisional, serta melalui kegiatan positif yang dapat membangun semangat belajar dan bekerja untuk mencapai sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi yang lebih unggul, sehingga negara menjadi maju serta semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan negaranya.


"Melalui ajang lomba ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan antara Prajurit TNI AD, meneguhkan persatuan dan kesatuan serta semakin memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat," pungkasnya.


Dandim memberikan pesan, "dalam perlombaan ini kalah dan menang bukanlah menjadi sebuah tujuan utama, namun bagaimana kita bisa mengambil sebuah pelajaran dari apa yang sudah kita kerjakan dan mengambil hal positif di dalamnya, karena menjadi juara bukan berarti "mengalahkan orang lain". 


"Karena konsepnya mengalahkan, maka kelak suatu saat juga akan terkalahkan," sambungnya.


Sebelumnya, Pasiter Dim  selaku ketua panitia kegiatan, Kapten Inf. Adenan Pane menyampaikan terlaksananya kegiatan tersebut dengan tujuan menjalin komunikasi sosial kreatif yang sehat dan harmonis melalui pentas seni budaya, olah raga, dan sosial drama dengan segenap komponen masyarakat di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.


"Kegiata ini dalm rangka mempererat komunikasasi sosial antara TNI Angkatan Darat dengan Seniman dan Olahragawan serta mencari bibit - bibit dalam menumbuh kembangkan kreativitas olah vocal ketingkat yang lebih tinggi lagi nantinya," ujar Adenan Pane.


Adapun peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut sebanyak 17 group, masing - masing group terdiri dari tiga orang (trio) yang akan beradu vocal dengan penilaian vocal serta interprentasi dalam membawakan lagu dan harmonisasi musik dengan vocal.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Danramil teritorial Kodim 0212/TS, Perwira TNI, Staf PNS Kodim, Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan. (baginda)

KOMENTAR