--> 509.511 Orang Terdaftar di DPT Pilkada Asahan | suluh sumatera

509.511 Orang Terdaftar di DPT Pilkada Asahan

Bagikan:

509.511 Orang Terdaftar di DPT Pilkada Asahan

Anggota KPU Asahan, Kelana Mustaqim Simanjuntak. Foto: suluhsumatera/istimewa.

KISARAN


suluhsumatera : KPU Asahan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Asahan tahun 2020 di Aula Hotel Marina, Kisaran, Kamis (15/10/2020).


Anggota KPU Asahan, Kelana Muttaqin Simanjuntak usai pleno menyebutkan, berdasarkan hasil rekapitulasi itu diketahui, DPT Kab. Asahan 509.511 pemilih.


Jumlah itu kata dia, lebih kecil dibandingkan data pada Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan, pada Senin (14/09/2020) lalu, yakni 510.689 pemilih.


"DPT Asahan yang baru ditetapkan sebesar 509.511 pemilih. Angka itu menurun dibandingkan DPS lalu, karena adanya temuan hasil pencermatan oleh Bawaslu Asahan dan masyarakat," sebut Kelana.


Dikatakan, berdasarkan hasil pencermatan itu, diketahui data yang ada di DPS lalu terdapat warga yang telah meninggal, adanya data ganda antar kecamatan, data ganda identik, dan juga bukan penduduk setempat.


Kelana juga memastikan, DPT yang telah ditetapkan dalam rapat pleno ini akan kembali ditempel di setiap kantor desa maupun kelurahan yang ada di Kab. Asahan, sehingga masyarakat dapat mengetahui data pemilih pada Pilkada Asahan tahun ini.


"Apakah data ini masih bisa berubah. Ya, bisa saja, karena seiring jalannya waktu adanya laporan warga yang meninggal atau ada yang pindah, ya akan kami akomodir nantinya," ungkap Kelana.


Dipaparkan, DPT untuk Pilkada Asahan kali ini menurun dibandingkan DPT pada Pemilu lalu, yang tercatat 516.218 orang.


"Penurunan ini terjadi, karena pemilik hak suara untuk Pilkada Asahan hanya merupakan warga setempat saja," sebut Kelana. (dri)

KOMENTAR