--> Bangun Koperasi Sekarang Mudah, Tak Perlu Sampai 20 Orang, Ini Syarat Minimal | suluh sumatera

Bangun Koperasi Sekarang Mudah, Tak Perlu Sampai 20 Orang, Ini Syarat Minimal

Bagikan:

Teten mengakui, selama ini koperasi kesulitan untuk berkembang


Suluhsumatera -
Melalui Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, pemerintah melakukan beberapa perubahan aturan terkait koperasi, yang saat ini diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengatakan, salah satu ketentuan yang diubah pemerintah ialah terkait batasan minimal anggota dalam pembentukan koperasi primer.

Dalam Pasal 6 Ayat (1) UU Nomor 25 Tahun 1992 menyebutkan, koperasi primer dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 orang. Namun, dalam UU Cipta Kerja, batasan minimal tersebut diubah hanya menjadi 9 orang.

“Selama ini banyak keluhan untuk mendirikan koperasi sulit. Harus 20 orang, sementara untuk korporasi sangat mudah. Sekarang kita permudah cukup 9 orang,” ujar Teten dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/10/2020).

Selain itu, Teten mengakui, selama ini koperasi kesulitan untuk berkembang, sebab semakin besar sebuah koperasi, maka semakin banyak anggota yang dimiliki.

Hal tersebut mengakibatkan koperasi kesulitan untuk mengadakan rapat anggota.

Oleh karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah memperbolehkan koperasi untuk mengadakan rapat anggota secara virtual.

Hal tersebut sesuai dengan ditambahkannya ayat dalam Pasal 22, yang menyebutkan, rapat anggota dapat dilakukan secara daring dan atau luring.

“Sekarang dimungkinkan dengan digitalisasi. Jadi saya kira ini akan mempermudah tumbuh berkembangnya koperasi dalam skala besar dimungkinkan,” ucap Teten.

KOMENTAR