--> Bertemu Bawaslu dan KPU Pelalawan, Cawabup 03 Edi Sabli: Kami Takut Kecurangan Terjadi | suluh sumatera

Bertemu Bawaslu dan KPU Pelalawan, Cawabup 03 Edi Sabli: Kami Takut Kecurangan Terjadi

Bagikan:

Bertemu Bawaslu dan KPU Pelalawan, Cawabup 03 Edi Sabli: Kami Takut Kecurangan Terjadi


PELALAWAN


suluhsumatera : Untuk menyamakan persepsi terkait aturan Pilkada, tim Paslon nomor urut 3 silaturahmi ke Kantor Bawaslu Pelalawan dan Kantor KPU Pelalawan, Selasa (13/10/2020).


Dalam kunjungan tim Paslon dengan jargon Mantap ini, tampak hadir calon wakil bupati Pelalawan nomor urut 3, Tengku Edi Sabli, Sekretaris Koalisi Efrijal, dan Ketua Tim Kuasa Hukum Herman, SH bersama advokat lainnya Maruli Silaban SH serta tim.


Kunjungan pertama dilakukan ke Kantor Bawaslu Pelalawan. Di tempat ini Cawabup Pelalawan yang murah senyum itu diterima langsung Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur, SPi dan komisioner lainnya.


Cawabup nomor urut 3, Tengku Edi Sabli mengatakan, kunjungannya bersama tim kuasa hukum hanya untuk bersilaturahmi dan menyamakan persepsi saja.


"Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan komitmen Tim Mantap untuk mewujudkan Pilkada berintegritas. Kami berusaha untuk menghindari segala kecurangan, sekaligus tidak ingin jadi pihak yang dicurangi. Apalagi terjadi kecurangan yang sistematis, kami sangat tidak mendukung itu semua," jelasnya.


Menurut dia, tim HT sama-sama mengetahui mana yang patut dilaksanakan oleh peserta dan tim sukses dan mana yang menjadi larangan. 


Begitupun juga sebut dia, dengan penyelenggara yang harus netral dan independen sebagai penyelenggara Pemilukada 2020 ini.


"Kami mendukung penuh kegiatan Bawaslu Pelalawan dalam menjalankan tugas. Kami juga siap mengawal di lapangan agar tidak terjadi kecurangan. Dengan menyiapkan tim pelapis saksi nantinya di setiap TPS," ungkapnya.


Sementara itu Ketua Tim Kuasa Hukum HT Mantap, Herman Pelalawan, SH menambahkan, kedatangannya bersama kuasa hukum HT untuk bersama menjaga keamanan, ketertiban, guna sukses dan berkwalitasnya Pilkada Pelalawan tahun 2020 ini.


Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur, SPi menyampaikan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Bawaslu, mereka mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu dan PKPU 5 tahun 2020 terkait pelaksanaan Pemilu serentak 2020 dengan pemberlakuan protokol kesehatan.


"Tidak hanya mengawasi, tahapan penyelenggara Pemilu agar berjalan baik. Bawaslu juga menekankan pencegahan dan juga penindakan atas pelanggaran-pelanggaran Pemilu, ataupun sengketa Pilkada sesuai tingkatan penanganan yang diatur," jelas dia.


Ia juga meminta tim Paslon 3 untuk bersama mengawasi Pemilu ini, mana kala ada laporan terkait pelanggaran Pemilu, Bawaslu siap langsung turun menindaklanjuti dan menangani sesuai tugas.


Pada kesempatan yang sama, Maruli Silaban, SH menyebutkan, perlu digaris bawahi dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 kali ini, adalah soal membangun persepsi yang sama soal pelanggaran Pemilukada dan sengketa.


"Kita siapkan tim per desa per TPS untuk bersama mengawasi Pilkada Pelalawan 2020 agar berjalan baik dan fair. Jangan ada kecurangan, kami siap membantu Bawaslu dan KPUD Pelalawan," ungkapnya.


Setelah ke Bawaslu Pelalawan, Tim HT dan Kuasa Hukum mengunjungi Kantor KPUD Pelalawan.


Di KPUD Pelalawan tim diterima Ketua KPUD Pelalawan, Wan Kardi Wandi. Di tempat ini, tim juga berdiskusi hal yang sama dengan Bawaslu. 


Ketua KPUD Pelalawan, Wan Kardi Wandi mengaku sangat bersyukur dapat bersilaturahmi. 


Dia juga mendukung penuh pelaksanaan Pilkada damai dan menerapkan protokol kesehatan.


Ia pun mengakui, dengan kegiatan silaturahmi dapat saling diskusi, terkait perkembangan situasi menjelang Pilkada Pelalawan.


Hal itu dapat diambil sisi positifnya, karena pasti akan muncul berbagai masukan penting, yang berguna bagi KPUD Pelalawan dalam mempersiapkan even demokrasi 5 tahunan tersebut.


"Kita mengawasi tahapan sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020 terkait pelaksanaan Pemilu serentak 2020 dengan pemberlakuan protokol kesehatan," ujarnya. (wan)

KOMENTAR