--> Sosialisasikan Pilkada, PPS di Labuhanbatu Naik Motor Lintasi Jalan Berlumpur | suluh sumatera

Sosialisasikan Pilkada, PPS di Labuhanbatu Naik Motor Lintasi Jalan Berlumpur

Bagikan:

Sosialisasikan Pilkada, PPS di Labuhanbatu Naik Motor Lintasi Jalan Berlumpur

LABUHANBATU

suluhsumatera : Sosialisasi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, tidak membuat penyelenggara tingkat desa/kelurahan kehabisan akal.


Seperti yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bekerja sama dengan bagian sekretariat Desa Sei Tawar, Kec. Panai Hilir, Kab. Labuhanbatu, Sumut, ini.


Walau harus melalui jalan rusak dan berlumpur, namun empat petugas dari PPS dan sekretariat desa bersama berkeliling kampung mengendarai sepeda motor. 


Mereka adalah, Nurlela, 20, Tarmidi, 40, Kartika Yana, 19, dan Widiya, 21. Sambil berkendara perlahan, merekapun mengumumkan pelaksanaan Pilkada menggunakan alat pengeras suara.


Itu dilakukan agar pesan-pesan berkaitan Pilkada sampai ke tengah masyarakat terpencil sekalipun.


Mereka harus melintasi setiap permukiman warga dengan mengendarai sepeda motor. Terkadang, hadangan jalan berlumpur, berair, berlubang, atau pun jembatan kayu yang memang belum tersentuh pembangunan.


Namun itu tidak menjadi kendala berarti bagi tiga petugas perempuan dan satu lelaki itu.


Terlebih lagi, sebaran pandemi Covid-19 mengharuskan penyelenggara membatasi pertemuan dalam hal bersosialisasi. 


Tidak ada jalan lain bagi mereka, apapun harus dilakukan demi sebuah pesan agar menggunakan hak pilih, pada 9 Desember 2020 mendatang.


Saat mengumumkan, keempat petugas tersebut tidak hanya memberitahukan agar warga menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar, melainkan tetap mengingatkan segera melihat daftar pemilih yang diumumkan, sekaligus melakukan perekaman jika belum memiliki KTP-el.


Dalam video sosialisasi Pilkada PPS Desa Sei Tawar dengan durasi 2,44 detik yang diperoleh itupun, terdengar seruan berbunyi, "Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo-halo ayo melilih jangan lupa, Rabu 9 Desember 2020 datang ke TPS dan membawa surat undangan memilih dan KTP elektronik. Jika tidak ada, lakukan perekaman KTP, cek nama anda dipengumuman di DPT. Ayo memilih, jangan lupa, Rabu 9 Desember 2020".


Komisioner Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)Kecamatan Panai Hilir, Khairul Daulay, Jumat (20/11/2020), di Rantauprapat menerangkan, pihaknya memang selalu mengingatkan kepada semua PPS agar terus mensosialisasikan Pilkada Labuhanbatu, baik melalui tertulis ataupun tidak tertulis.


Diakui Khairul, wilayah mereka berada pada pinggiran pesisir pantai. Fasilitas jalan permukiman masyarakat masih terdapat yang belum beraspal. 


Maka kata dia, jika ditemukan badan jalan berlumpur, berlubang, dan berair, itu merupakan hal yang wajar serta menjadi tantangan penyelenggara.


Kebijakan PPS Desa Sei Tawar melakukan sosialisasi dengan sepeda motor mengelilingi permukiman terpencil kata dia, merupakan kinerja yang patut diapresiasi. 


Apalagi, belakangan ini musim penghujan sedikit mengganggu kondisi jalan permukiman.


"Kita berharap, pesan Pilkada sampai keposok permukiman. Kendala cuaca sebaiknya dijadikan motivasi munculnya ide-ide brilian kawan-kawan PPS. Jangan lemah dengan kondisi, apapun ceritanya warga harus sadar bahwa 9 Desember merupakan momen menentukan pemimpin," pesan Khairul. (zain)

KOMENTAR