--> Juventus Hajar AC Milan 1-3 di San Siro Hingga Alami Kekalahan Perdana Musim Ini | suluh sumatera

Juventus Hajar AC Milan 1-3 di San Siro Hingga Alami Kekalahan Perdana Musim Ini

Bagikan:

Meski mengalami kekalahan perdana musim ini, AC Milan masih bertengger di puncak klasemen sementara Serie A dengan raihan 37 poin.


Suluhsumatera -
 Juventus sukses memberikan kekalahan perdana musim ini bagi AC Milan. Bianconeri menang 1-3 atas tuan rumah Rossoneri di laga lanjutan Liga Italia Serie A yang digelar di Stadion San Siro, Kamis (7/1/2021).

Tiga gol Juventus dicetak oleh Federico Chiesa di menit 18 dan 62, ditambah satu gol lainnya dari Weston McKennie di menit 76. Sementara satu gol AC Milan diciptakan Davide Calabria di menit 41.

Meski mengalami kekalahan perdana musim ini, AC Milan masih bertengger di puncak klasemen sementara Serie A dengan raihan 37 poin.

Dari segi peluang, AC Milan memiliki 19 tembakan yang 7 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Adapun Juventus mempunyai 14 kesempatan dengan 6 menuju ke gawang.

Laga baru berjalan dua menit, Juventus langsung mengancam lewat sepakan jarak dekat Paulo Dybala.

Memanfaatkan umpan terobosan dari Gianluca Frabotta yang merangsek ke kotak penalti, Dybala langsung menyambut bola via kaki kirinya.

Namun, sepakan Dybala masih membentur badan Simon Kjaer dan dengan mudah diamankan oleh Gianluigi Donnarumma.

Pada menit ke-7, AC Milan gantian memiliki peluang untuk membuka skor melalui sepakan kaki kiri Samu Castillejo dari dalam kotak.

Memanfaatkan kesalahan Rodrigo Bentancur, Castillejo mampu mengambil bola dan segera melepaskan tembakan ke arah gawang Juventus.

Upaya dari winger asal Spanyol tersebut masih bisa dimentahkan oleh Wojciech Szczesny dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Gawang AC Milan akhirnya jebol pada menit ke-18 oleh Federico Chiesa.

Memanfaatkan umpan terobosan cantik Dybala, Federico Chiesa yang berlari ke dalam kotak penalti segera melepaskan tembakan dengan kaki kanannya.

Bola meluncur deras ke pojok kanan bawah gawang Milan, sementara Donnarumma yang berupaya mengadang laju bola gagal mengamankan gawangnya. Juventus unggul 1-0.

AC Milan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-17 andai saja sepakan kaki kiri Rafael Leao dari jarak dekat tidak digagalkan oleh Szczesny usai memanfaatkan umpan terobosan Jens Petter Hauge.

Tembakan Leao berikutnya dari dalam kotak masih mampu ditepis dua tangan oleh Szczesny dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Milan.

Gol yang ditunggu-tunggu Milan akhirnya hadir pada menit ke-41 melalui Davide Calabria.

Memanfaatkan umpan pendek dari Leao yang menyisir sisi kanan pertahanan Juventus, Davide Calabria yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dengan mudah melepaskan tembakan.

Tembakan kaki kanan Calabria tepat meluncur deras ke sisi pojok kiri atas gawang Juventus.

Szczesny yang berada di depan gawang hanya termangu melihat bola masuk ke gawangnya. AC Milan 1-1 Juventus.

Gol tersebut menjadi gol penutup pada babak pertama.

Skor imbang 1-1 antara Milan dan Juventus bertahan hingga turun minum.

Chiesa benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Milan lantaran sang pemain kembali mencetak gol bagi Juventus tepatnya pada menit ke-62.

Mendapat umpan dari Dybala, Chiesa yang bergerak dari sisi kiri pertahanan Milan sempat menggiring bola tepat di depan kotak.

Winger asal Italia tersebut segera melepaskan tendangan melengkung via kaki kirinya meski sempat coba dihalau oleh Romagnoli dan Hernandez.

Laju bola yang kencang membuat Donnarumma tak kuasa menjangkau sepakan Chiesa yang keburu melesat ke pojok kanan bawah gawang. Juventus unggul 2-1. 

Namun, Chiesa harus ditarik keluar seusai mencetak gol lantaran mengalami cedera dan posisinya segera digantikan oleh Dejan Kulusevski.

Milan yang tertinggal satu gol tak tinggal diam. Memanfaatkan kecepatan Castillejo dan Leao, sesekali mereka mencoba mengancam gawang Juventus.

Namun, upaya mereka harus tertahan oleh disiplinnya barisan belakang Juventus yang digalang Matthijs de Ligt dan Leonardo Bonucci.

Justru tim tamu yang mampu menambah gol, kali ini lewat Weston McKennie pada menit ke-76.

Aksi solo run dari Kulusevski yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Milan membuat para pemain bertahan kelabakan.

Kulusevski yang mampu melewati dua pemain Milan sempat terjatuh di dalam kotak penalti tetapi mampu menyodorkan umpan pendek ke arah Weston McKennie.

McKennie yang berdiri bebas tanpa mengambil ancang-ancang segera melepaskan tendangan lewat kaki kanannya tepat di depan gawang. Juventus unggul 3-1.

Laga memasuki injury time dan wasit keempat memberikan tambahan waktu hingga lima menit pada laga kali ini.

Hingga laga bubar, AC Milan tak mampu terhindar dari kekalahan 1-3 yang diberikan Juventus. Bagi mereka, ini menjadi kekalahan perdana di Liga Italia musim ini setelah melewatkan 15 laga tak terkalahkan.

Meski demikian, Milan masih berada di pucuk klasemen, unggul 1 poin dari Inter Milan yang mengumpulkan 36 poin.

AC Milan 1-3 Juventus (Davide Calabria 41'; Federico Chiesa 18', 62', Weston McKennie 78') 

Susunan pemain AC Milan dan Juventus:

AC Milan (4-2-3-1): 99-Gianluigi Donnarumma; 5-Diogo Dalot (27-Daniel Maldini 81'), 24-Simon Kjaer (20-Pierre Kalulu 81'), 13-Alessio Romagnoli, 19-Theo Hernandez; 2-Davide Calabria (14-Andrea Conti 81'), 79-Franck Kessie; 7-Samuel Castillejo (29-Lorenzo Colombo 87'), 10-Hakan Calhanoglu, 15-Jens Petter Hauge (21-Brahim Diaz 67'); 17-Rafael Leao

Pelatih: Stefano Pioli

Juventus (4-4-2): 1-Wojciech Szczesny; 13-Danilo, 19-Leonardo Bonucci, 4-Matthijs de Ligt, 38-Gianluca Frabotta; 8-Aaron Ramsey (33-Federico Bernardeschi 74'), 25-Adrien Rabiot, 30-Rodrigo Bentancur (5-Arthur Melo 74'), 22-Federico Chiesa (44-Dejan Kulusevski 63'); 7-Cristiano Ronaldo, 10-Paulo Dybala (14-Weston McKennie 64')

Pelatih: Andrea Pirlo

Wasit: Massimiliano Irrati

KOMENTAR