--> Polres Rohil Rakor Bersama Forkopimda Terkait Penanganan Covid-19 | suluh sumatera

Polres Rohil Rakor Bersama Forkopimda Terkait Penanganan Covid-19

Bagikan:

Polres Rohil Rakor Bersama Forkopimda Terkait Penanganan Covid-19


ROKAN HILIR


suluhsumatera : Kapolres Rohil, AKBP. Nurhadi Ismanto, SH, SIK bersama Forkopimda Rohil menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) sekaligus analisis dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Gedung Serba Guna H. Misran Rais, Jalan Utama, Kelurahan Bagan Barat, Kec. Bangko Kab. Rohil, Senin (11/1/2021).


Hadir diantaranya Bupati Rohil H. Suyatno, AMP diwakili Sekda H. M. Job Kurniawan, MSi, Kapolres Rohil AKBP. Nurhadi Ismanto, SH, SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol. Arh. Agung Rakhman Wahyudi, SIP, MIPol, Kejari Rohil diwakili Kasi Datun Lignauli Theresia Sirait, SH, dan stakeholders lainnya.


Kapolres AKBP. Nurhadi Ismanto, SH, SIK melalui Kasubbag Humas, AKP. Juliandi, SH saat dikonfirmasi, Selasa (12/1/2021) menerangkan, dalam rapat itu, Kapolres menyampaikan pemaparan, rapat bertujuan menentukan langkah-langkah kedepannya, karena saat ini penularan Covid semakin meningkat, terkait fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Kab. Rohil masih banyak kekurangan dan ini harus jadi perhatian.


Tingkat kematian dari pasien yang terindikasi Covid-19 di wilayah Kab. Rohil  sampai saat ini ada 25 orang. 


Sampai saat ini pihak TNI-Polri masih tetap meningkatkan Operasi Yustisi dalam menegakkan Perda terkait Protokol Kesehatan yang sudah dibuat oleh Pemkab Rohil. 


Untuk kedepannya agar dilaksanakan MOU dengan pihak pengadilan agar pelanggar Perda terkait pelanggaran protokol kesehatan dapat disidangkan  dan penegakan Perda terkait Protokol Kesehatan ini agar sampai ke tingkat desa.


Pelaksanaan kembali PSBB sampai ketingkat desa, sehingga target yang diinginkan untuk menurunkan status zona oranye diakhir Januari ini. 


Terkait distribusi vaksin Covid-19, akan dilakukan pengawalan oleh Polda Riau sampai ke titik penyimpanan di Kantor UPTD IFK di Jalan Kecamatan, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kec. Bangko dan akan dilakukan penjagaan oleh TNI, Polri, dan Pemkab Rohil.


Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tahap awal ini akan diberikan kepada perwakilan pejabat publik, sehingga dapat menimbulkan kepercayaan publik bahwa vaksin Covid-19 benar-benar aman untuk digunakan.


Bupati Rohil, H. Suyatno yang disampaikan oleh Sekda yakni, dalam waktu dekat akan dilaksanakan vaksinasi pejabat publik dan tenaga kesehatan, lebih tepatnya pada 14 Januari 2021.


Terkait dunia pendidikan, saat ini belum juga dilaksanakan namun dalam hal ini akan segera dilaksanakan survey apakah di jenjanh pendidikan yang akan memulai proses belajar mengajat dapat memenuhi standar Prokes. 


Beberapa daerah di Jawa saat ini sudah ada pelaksanaan PSBB dan tidak menutup kemungkinan untuk wilayah Kab. Rohil. 


Untuk selanjutnya akan diaktifkan kembali Posko Covid tingkat kabupaten, kecamatan, dan sampai ke tingkat desa. 


Dandim 0321/Rohil memaparkan, dalam istilah kedokteran pada gelaja penularan Covid-19 ini ada istilah Viral Load yakni, jumlah Kuantitatif Partikel Virus yang masuk ke dalam tubuh manusia apakah ringan atau berat. 


Agar tetap mengikuti protokol kesehatan, sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19. Semua unsur bertanggung jawab untuk dapat menekan peningkatan Covid-19. (yan)

KOMENTAR