--> Bupati Palas Terima Vaksin Covid-19 | suluh sumatera

Bupati Palas Terima Vaksin Covid-19

Bagikan:

Bupati Palas Terima Vaksin Covid-19


PADANG LAWAS


suluhsumatera : Bupati Padang Lawas (Palas), Ali Sutan Harahap didampingi Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK, dan dr. Ummi Sahara Matondang menerima vaksin Covid-19 di Pondopo Rumah Dinas Bupati Palas, Jl. Ki Hajar Dewantara, Kel. Pasar Sibuhuan, Kec. Barumun, Selasa (02/02/2021).


Hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Fahmi Anwar Nasution, Wakapolres Kompol. JW. Sijabat, SH, Sekda Arpan Nasution, SSos, Kasat Sabhara AKP. M. Husni Yusuf, SH, Kanit Laka Iptu. Irmanto, sejumlah OPD, dan tenaga kesehatan Dinas Kesehatab Palas.


Penerimaan vaksin Covid-19 tersebut disambut baik Bupati. Dimana sebelumnya, mobil Dinas Kesehatan Pemkab Palas telah menjemput dan membawanya dari Gudang Farmasi Pemprovsu Medan ke Sibuhuan, dikawal persnel Polres Palas, menggunakan dua unit kenderaan mobil dinas Polres.


Vaksin tersebut kemudian disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Pemkab Palas.


Bupati mengatakan, vaksin Sinovac diterima dalam keadaan baik, kemudian disimpan di tempat sesuai ketentuan berlaku, yaitu lemari bersuhu 2-8 derajat celcius.


Dengan diterimanya vaksin itu, Bupati optimis penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan di Palas. 


Kemudian, Bupati meminta kepada tenaga kesehatan supaya memberikan contoh yang baik, bahwa vaksin berguna untuk melindungi dari virus Corona.


Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Palas, dr. Ummi Sahara Matondang menyampaikan rincian vaksin Covid-19, yakni CoronaVac (Sinovac) sebanyak 2.800 Vial, alkohol Swab 28 box, ADS 0.5 ml (Oneject) 2.800 Pcs, dan Safety box 25 Pcs, telah tiba dalam keadaan baik.


Ummi menjelaskan, vaksinasi tahap awal diutamakan kepada tenaga kesehatan, Forkopimda serta ASN, yang bekerja dan bersentuhan langsung melayani masyarakat.


"Dari 2.800 Vial vaksin Sinovac Covid-19 tersebut, akan dilakukan penyuntikan pertama kepada 1.398 tenaga kesehatan, setelah suntikan pertama dilaksanakan, berselang seminggu kedepan kembali dilakukan penyuntikan ulang kedua," terangnya.


Lebih lanjut Ummi menjelaskan, untuk pelaksanaan vaksinasi akan dilakuka, pada minggu depan, dengan tim vaksinator yang telah disiapkan sebanyak 275 orang tersebar di 16 Puskesmas yang ada di Palas.


"Jadwalnya belum ditentukan. Namun yang pasti akan dilaksanakan minggu depan," tandasnya.


Diakhir rangkaian penerimaan vaksin tersebut, Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kelengkapan vaksin yang baru diterima. (sutan)

KOMENTAR